HUBUNGAN POLA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT TERHADAP STATUS KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK PANTI ASUHAN ATAP LANGIT YOGYAKARTA

KARNA MALIRAIA KARTAY ARI (2009) HUBUNGAN POLA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT TERHADAP STATUS KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK PANTI ASUHAN ATAP LANGIT YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Masalah terbesar yang dihadapi penduduk Indonesia seperti juga di negara-negara berkembang lainnya di bidang kesehatan gigi dan mulut adalah penyakit jaringan keras gigi karies ) dan penyakit gusi (gingivitis). Penyakit karies dan gingivitis sering terjadi disebabkan faktor luar yang menjadi faktor risiko seperti keadaan kebersihan mulut yang umumnya lebih buruk. Besar kecilnya faktor risiko terhadap timbulnya penyakit /caries dan gingivitis dipengaruhi oleh pengetahuan dan kebiasaan membersihkan gigi dan mulut. Cara memebersihkan gigi dan mulut yang kurang baik dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit gigi dan mulut. Panti Asuhan atap langit terletak di jalan Keparakan Kidul, di tengah kota Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola kebersihan gigi dan mulut terhadap status kesehatan gigi dan mulut pada anak panti asuhan atap langit Yogyakarta.
Penelitian ini bersifat observasional, dengan rancangan cross sectional. Dengan sampel penelitian berjumlah 32 orang dan dilakukan di panti asuhan atap langit Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan kuisioner untuk mengukur pola kebersihan gigi dan mulut anak panti, dan menggunakan indeks kebersihan mulut, indeks DMF-T dan indeks gingiva untuk mengukur status kesehatan gigi dan mulut anak panti.
Hasil penelitian dikategorikan berdasarkan kategori pola kebersihan gigi dan mulut baik, sedang, buruk dan indeks OHI, indeks DA/11,--T, Indeks GI baik, sedang do buruk pula. Data yang diperoleh dianalisis dengan chi quare test dan dilanjutkan dengan analisis korelasi dan regresi. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kebersihan gigi anak panti tergolong buruk, dan status kesehatan gigi tergolong baik, didapatkan nilai p-0.902 p>0.05 artinya tidak terdapat hubungan bermakna antara pola kebersihan gigi dan mulut terhadap status kesehatan gigi dan mulut pada anak panti asuhan atap langit Yogyakarta.
Kata kunci pola kebersihan gigi, indeks kebersihan gigi, indeks DMF-T, indeks gingiva.
xis

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:48
Last Modified: 28 Jun 2022 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32675

Actions (login required)

View Item
View Item