FAUZI ARI NURCAHYO (2017) GAMBARAN KOMUNIKASI DOKTER GIGI PUSKESMAS STANDAR ISO 9001 DAN DOKTER GIGI PUSKESMAS TIDAK STANDAR ISO 9001 MENGGUNAKAN! KALAMAZO0O CONSENSUS STATEMENT DI KOTA YOGYAKARTA Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Derajat Sarjana Kedokteran Gigi pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
|
Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
|
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK'.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) |
Abstract
Latar Belakang : Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Puskesmas dituntut untuk meningkatkan dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan sebaik baiknya. Standar manajemen ISO 9001 merupakan sistem yang bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang baik melalui salah satu aspeknya yaitu customer focus. Komunikasi merupakan salah satu yang mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan diharapkan melalui standarisasi ISO 9001, Puskesmas dapat meningkatkan pelayanan kesehatan sebaik baiknya terutama dalam hal komunikasi. Berdasarkan konferensi Bayer-Fetzer, komunikasi yang baik dapat dinilai menggunakan aspek aspek yang terdapat dalam kalamazoo Consensus Statement. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran komunikasi dokter gigi Puskesmas standar ISO 9001 dan Puskesmas tidak standar ISO 9001 menggunakan Kalamazoo Consensus Statement di Kota Yogyakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien yang telah melakukan perawatan gigi di Poli Gigi Puskesmas standar ISO 9001 yaitu Puskesmas Mantrijeron, Mergangsan, Danurejan II, dan Jetis serta Puskesmas tidak Standar ISO 9001 yaitu Puskesmas Pakualaman, Gondomanan, Gedongtengen dan Tegal Rejo yang berada di kota Yogyakarta sebanyak 214 orang, adapun 107 orang di Puskesmas standar ISO 9001 dan 107 orang di Puskesmas tidak standar ISO 9001. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode accidental sampling. Hasil dan Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukan bahwa Puskesmas standar ISO 9001 dan Puskesmas tidak standar ISO 9001 memliki gambaran komunikasi dokter gigi yang hampir sama berdasarkan penilaian Kalamazoo Consensus Statement
Kata Kunci : Komunikasi, Dokter Gigi, Puskesmas standar ISO 9001, Puskesmas tidak Standar ISO 9001
xii
| Dosen Pembimbing: | drg. Iwan Dewanto, MMR | NIDN0506117201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi |
| Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:31 |
| Last Modified: | 28 Jun 2022 04:31 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
