NURINAYAT HI. SALIM (2009) PERSEPSI PASIEN TERHADAP SIKAP DAN KOMUNIKASI PERAWAT DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
|
Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
|
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
|
Text (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
|
Text (Bab I)
BABA I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
Abstract
Komunikasi merupakan aktivitas yang penting untuk manusia dalam aktivitas yang bertujuan memudahkan, melancarkan, dan melaksanakan kegiatan. Komunikasi terapeutik dan sikap perawat yang sesuai sangat penting untuk diterapkan pada tindakan keperawatan di rumah sakit, persepsi yang balk dan sesuai dalam komunikasi dibutuhkan pasien dan perawat supaya tujuan dalam keperawatan untuk pasien tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi pasien terhadap sikap dan komunikasi perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis kuantitatif dengan Non Eksperimen. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah bersedia menjadi responden. dan yang berada di bangsal Melati, Flamboyan dan Nusa Indah di RSUD Panembahan Senopati Bantu'. 1-lasii analisis data penelitian ini menggunakan uji deskriptif untuk mendiskripsikan karakteristik pada variabel yang diteliti. Hasa penelitian menunjukkan tingkat persepsi pasien terhadap komunikasi adalah nilai baik dan buruk sama yaitu sebesar 50%, hasil persepsi pasien pada sikap perawat dalam berkomunikasi adalah buruk dengan nilai 63,3%. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar para tenaga kesehatan khususnya perawat harus lebih meningkatkan pengetahuan tentang komunikasi dan keterampilan dalam sikap berkomunikasi yang terapeutik untuk pasien yang berada di rumah sakit sehingga kebutuhan yang diinginkan terpenuhi dan memudahkan kerja perawat.
Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Sikap berkomunikasi, Persepsi
xv
| Dosen Pembimbing: | Novita Kurnia Sari, S. Kep. Ns. | NIDN0517118101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Jul 2022 07:13 |
| Last Modified: | 04 Jul 2022 07:13 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
