KESIAPAN PEMDA GUNUNGKIDUL DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SAP BERBASIS FULL ACCRUAL DENGAN MENGGUNAKAN KOMITMEN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul)

PRATIWI NURVITA ROCHMAH (2015) KESIAPAN PEMDA GUNUNGKIDUL DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SAP BERBASIS FULL ACCRUAL DENGAN MENGGUNAKAN KOMITMEN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris adanya pengaruh pemahaman SAP berbasis full accrual, teknologi informasi, kualitas sumber daya manusia serta interaksi ketiga variabel tersebut dengan komitmen sebagai pemoderasi terhadap kemampuan penyajian laporan keuangan SKPD, studi empiris pada pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara census dengan jumlah responden sebanyak 124 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan uji nilai selisih mutlak. Data diolah menggunakan SPSS versi
22
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman SAP berbasis full accrual, teknologi informasi dan kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kemampuan penyajian laporan keuangan SKPD. Komitmen juga terbukti memoderasi hubungan pemahaman SAP berbasis full accrual dan memoderasi teknologi informasi terhadap kemampuan penyajian laporan keuangan SKPD, sedangkan kualitas sumber daya manusia tidak terbukti dimoderasi oleh adanya interaksi komitmen terhadap kemampuan penyajian laporan keuangan SKPD Kabupaten Gunungkidul.
Kata Kunci:
Pemahaman SAP Herbasis Full Accrual, Teknologi Informasi, Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen dan Kemampuan PpnvAiinn 1.nrinrun Kelinnf/An SKIM.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:11
Last Modified: 05 Jul 2022 02:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32950

Actions (login required)

View Item
View Item