LISI NOVITA ANGGAI (2017) PERAN ACCOUNT OFFICER DALAM MENANGANI PEMBIAYAAN BERMASALAH MURABAHAH (STUDI KASUS PADA PT. BPR SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pembiayaan merupakan sumber pendapatan utama bagi lembaga
keuangan termasuk pada BPR Syariah Bangun Drajat Warga Yogyakarta (BPRS). Namun, pelaksanaan pembiayaan ini juga memiliki risiko, yaitu risiko terjadinya pembiayaan bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem kerja account officer, faktor penyebab pembiayaan bermasalah murabahah, dan peran account officer dalam menagani pembiayaan bermasalah tersebut. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan narasumber dari pihak BPR Syariah Bangun Drajat Warga, account officer, dan juga nasabah pembiayaan BPR Syariah Bangun Drajat Warga. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi data, yakni triangulasi metode, sumber, dan teori. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam proses pemberian pembiayaan yang dilakukan account officer sudah baik, karena pada praktiknya setiap calon nasabah yang mengajukan pembiayaan harus memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku. Sedangkan dalam menangani pembiayaan bermasalah yang dilakukan account officer meliputi konfirmasi via telepon, bbm whatsapp, dan lain-lain, memberikan surat peringatan SP 1 sampai dengan SP 3, rescheduling, restructuring reconditioning, penjualan agunan. Namun dalam penanganan pembiayaan tersebut tetap mengedepankan prinsip kekeluargaan sehingga tetap terjalin hubungan baik antara Pihak BPR Syariah dan nasabah.
Dosen Pembimbing: | Miftakhul Khasanah, STP., M.S.I | NIDN0525058101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | the roles of account officer, financing problems |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 07:48 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 04:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |