PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN KEJURUAN DAN KETRAMPILAN 2 SLEMAN

SITI SOLEKAH (2018) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN KEJURUAN DAN KETRAMPILAN 2 SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis peran, strategi serta kendala dalam proses pelaksanakan bimbingan konseling dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, penentuan informasi dilakukan secara purposive, pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan juga dokumenter.Analisis dilakukan secara thick deskription, adapun hasilnya sebagai berikut : Pertama pelanggaran akhlak yang terjadi di SMK YPKK 2 SLEMAN secara garis besar umumnya masih banyak terjadi, ditinjau berdasarkan laporan dari guru bimbingan dan konseling serta tolok ukur terlaksananya rencana program kerja BK, kedua strategi yang dilakukan BK dalam membina akhlak siswa melalui layanan bimbingan dan konseling seperti bimbingan klasikal, individu, sosial pribadi dan kelompo, metode yang digunakkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki guru BK yaitu empati, menjalin kedekatan, memasukkan nilai-nilai religius ketika berkonsultasi, membuat kerjasama dengan wali murid dan berdiskusi melalui media sosial (whatsapp), selanjutnya kendata yang dialami guru BK ketika melakukan kegiatan serta proses konseling yaitu tidak adanya jam khusus bagi guru BK di SMK YPKK 2 SLEMAN.Peran guru bimbingan konseling sangat penting dalam membina akhlak siswa, setelah diadakan bimbingan siswa jadi lebih mengerti akan pentingnya bimbingan konseling tersebut sehingga siswa yang sebelumnya memiliki akhlak tidak baik akan memiliki akhlak yang lebih baik.
Kpir-wnreic • rspran himhincran 1-nricpliner nlehink

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:24
Last Modified: 26 Jul 2022 02:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33253

Actions (login required)

View Item
View Item