DEMOKRATISASI PEMERINTAHAN DESA (Studi Proses Demokratisasi Pemerintahan Desa di Desa Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo)

VELANDANI (2015) DEMOKRATISASI PEMERINTAHAN DESA (Studi Proses Demokratisasi Pemerintahan Desa di Desa Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Proses Demokratisasi di desa Tanjungharjo dalam hal ini masyarakat sudah mempunyai kebebasan untuk ikut berpartisipasi dalam setiap pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah desa. Mekanisme partisipasi yang dilakukan oleh warga desa dimulai dari perencanaan sampai dengan implementasi kebijakannya. Setidaknya pengalaman dari penelitian yang dilakukan, yang terkait dengan proses demokratisasi yang selama ini sudah ada dalam kehidupan masyarakat desa Tanjungharjo dalam kehidupan pemerintaha.n dan kemasyarakatan, bahwa masyarakat yang sangat lokal sekalipun mempunyai kearifan lokal, mempunyai tradisi musyawarah, rembug desa, selapanan, dsb. Mereka mempunyai filsafat yang tinggi yaitu "nek ono rembug yo dirembug", artinya bahwa ada semangat untuk bermusyawarah untuk mencari jalan yang terbaik. 2. Pola partisipasi masyarakt desa Tanjungharjo dalam hal ini terkait dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, bahwa partisipasi warga sangatlah tinggi, namun bukan karena dari kesadaran yang timbul, tetapi lantaran rangsangan dari pemerintah desa. Partisipasi demikian dicirikan oleh keadaan dimana warga terlibat dalam
130

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:31
Last Modified: 26 Jul 2022 04:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33268

Actions (login required)

View Item
View Item