SAFIRA IZZATUN NI'MAH (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS 8 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Karakter mandiri merupakan nilai-nilai kemandirian yang melandasi tingkah laku disetiap individu. Karakter mandiri dapat terbentuk dengan adanya suatu program kegiatan pendidikan yang diajarkan di dalam sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pendidik dalam menanamkan karakter mandiri siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter mandiri siswa di era pandemi sekarang ini ialah dengan (1) menggunakan strategi perencanaan yang dimana pendidik akan melakukan hal-hal yang seharusnya disiapkan terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Strategi pelaksanaan dimana pendidik akan menginstruksikan penggunaan media pembelajaran dengan melalui tahapan pendahuluan, tahapan inti, dan tahapan penutup dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran. (3) Strategi evaluasi pembelajaran pendidik akan melakukan pengevaluasian melalui hasil pencapaian nilai peserta didik. (4) Faktor kendala berupa kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, ekonomi, dan pengaksesan internet disetiap peserta didik.
Dosen Pembimbing: | NURUL AISYAH, S.PD.I., M.PD. | NIDN0502089101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru PAI, karakter mandiri, pembelajaran daring. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:04 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |