Lukman Nur Rohman (2021) Pengaruh Kompetensi Guru, Kreativitas Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 5 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan di Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, kreativitas guru, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala <em>likert</em>. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM (<em>Structural Equation Modeling</em>).</p>
<p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa: <em>pertama, </em>kompetensi guru yang utamanya dilihat dari kepribadian berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang utamanya dilihat dari memahami mata pelajaran dengan nilai koefisien pengaruh sebesar -0.061 dan p-<em>Value </em>sebesar 0.732. <em>Kedua, </em>kreativitas guru yang utamanya dilihat dari strategi pembelajaran berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar yang utamanya dilihat dari memahami mata pelajaran dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 0.384 dan p-<em>Value </em>sebesar 0.032. <em>Ketiga, </em>lingkungan keluarga yang utamanya dilihat dari kebiasaan keluarga berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap motivasi belajar yang utamanya dilihat dari memahami materi pelajaran dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 0.505 dan p-<em>Value</em> sebesar 0.000.</p>
Dosen Pembimbing: | Tumin, S.Pd.I., M.A., Ph.D. and UNSPECIFIED | NIDN1320098401, NIDN |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:15 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |