Aulia Dewi Rahmawati (2021) pengaruh edukasi kesehatan mengenai aktivitas fisik dan diet sehat dengan metode audiovisual dan penyuluhan terhadap remaja disabilitas dengan overweight. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
<p>Latar belakang :kecacatan (disabilitas) adalah suatu gangguan, keterbatasan seseorang dalam beraktivitas hal ini menyebabkan seorang individu rentan mengalami penurunan kesehatan. Permasalahan terhadap penyandang disabilitas salah satu diantaranya adalah overweight. Overweight muncul sebagai akibat dari ketidakseimbangan energi antara kalori yang dikonsumsi dan kalori yang dikeluarkan, menciptakan surplus energi yang mengakibatkan terjadinya penimbunan lemak berlebih atau yang biasa kita sebut sebagai overweight. Metode :Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment terhadap 30 orang siswa SLB berusia 11-19 tahun yang mengalami kelebihan berat badan /overweight. Dalam penelitian ini tekhnik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling, 30 orang Responden dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok control. Analisis data menggunakan uji komparatif untuk mengetahui perbedaan bermakna dari nilai pretes dan postes yaitu sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa edukasi audiovisual dari kelompok intervensi dibandingkan dengan kelompok control yang tidak diberikan edukasi audiovisual. Hasil : uji analitik komparatif menunjukan perbedaan bermakna antara nilai pengetahuan siswa difabel tentang aktivitas fisik dan diet sehat mengalami peningkatan yang signifikan, terlihat dari nilaimean ranksebesar 0,00 sebelum pemberian edukasi kesehatan menjadi 13,0 sesudah pemberian edukasi kesehatan, dan perolehan nilai p Wilcoxon rank testsebesar 0,000 (p<0>Wilcoxonrank testdiperoleh sebesar 0,317 (p>0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa pemberian edukasi kesehatan tentang aktivitas fisik dan diet sehat pada siswa difabel melalui media audio visual dan penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan siswa difabel tentang aktivitas fisik dan diet sehat. Kesimpulan : Edukasi kesehatan dengan metode audiovisual dan penyuluhan berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap siswa difabel.</p>
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED and Dr. dr. Kusbaryanto.,FISPH.,FISCM | NIDN96809082001044173048, NIDN0507086502 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:04 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |