NAWAL AUDAH (2022) INOVASI PEMBELAJARAN ISMUBA UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran ISMUBA 2) Mendeskripsikan perilaku siswa yang menyimpang 3) Mengkaji hambatan yang di alami guru 4) Menemukan inovasi pembelajaran ISMUBA untuk memperbaiki karakter. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di SMP dan SMA Muhammadiyah yang berada di Daerah Istimewah Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru ISMUBA dan kepala sekolah yang berjumlah 23 guru Sekolah Menengah Pertama dan 24 guru Sekolah Menengah Atas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur. Analisis data menggunakan reduksi data, penyamPAIan data, verifikasi data. Hasil penelitian menunujukan bahwa: 1) suasa kelas ISMUBA SMP dan SMA tidak selalu kondusif. 2) karakter siswa SMP dan SMA melakukan prilaku menyimpang ketika tidak ada pengawasan. 3) hambatan yang di alami guru merupakan siswa yang tidak bisa membaca al-Qur’an dengan benar. 4) inovasi untuk mengatasi pembelajaran ISMUBA, kepala sekolah melakukan kerja sama terhadap seluruh lingkungan sekolah dan keluarga.
Dosen Pembimbing: | AKIF KHILMIYAH, DR., M.AG. | NIDN0512026801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | ISMUBA LEARNING, STUDENT CHARACTER, TEACHER BARRIERS, ISMUBA LEARNING INNOVATION |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 07:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 07:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |