BENI CANDRA (2022) ANALISIS SETTING CARBURETOR, MODIFIKASI REED VALVE DAN MUFFLER PADA SEPEDA MOTOR FIZ R. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (578kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (117kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sepeda motor fiz R standar belum cukup untuk keperluan balap road race dikarenakan part yang digunakan masih standar dan belum memenuhi syarat regulasi balap road race. Perlu adanya modifikasi pada bagian – bagian tertentu agar dapat meningkatkan daya dan torsi untuk keperluan balap road race. Terdapat tiga komponen yang akan dimodifikasi dalam penelitian kali ini yaitu Carburetor standar dimodifikasi dengan menganti pilot jet dan main jet ke ukuran yang lebih besar menyesuaikan kebutuhan mesin. Komponen selanjutnya adalah reed valve, penggantian reed valve standar dengan reed valve karbon dimana reed valve ini memiliki kualitas serta sensitifitas yang dapat membantu efisiensi pembakaran pada ruang bakar. Modifikasi muffler yaitu dengan modifikasi pada bagian chamber untuk meningkatkan daya dan torsi. Pengambilan data dilakukan dengan dyno test pada rasio gigi 3. Hasil dyno test motor fiz R standar didapatkan daya sebesar 14,9 HP pada 9.072 rpm, torsi sebesar 12,39 Nm pada 8.229 rpm. Sedangkan hasil dyno test sesudah dilakukan modifikasi didapatkan daya sebesar 18,9 HP pada 9.322 rpm, torsi sebesar 14,56 Nm pada 9.322 rpm. Dari hasil data dyno test dapat disimpulkan mengalami kenaikan torsi sebesar 4 HP dan torsi sebesar 2,17 Nm.
| Dosen Pembimbing: | MIRZA YUSUF, IR., S.PD.T., M.T. | NIDN0514108603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | SEPEDA MOTOR FIZ R, CARBURETOR, REED VALVE, MUFFLER. |
| Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Mesin |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 30 Nov 2022 02:08 |
| Last Modified: | 30 Nov 2022 02:08 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
