PRATAMA PANDU PRASETYO (2022) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUANG DOMESTIK(ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOMART VERSI DIBELANJAIN #EMAKJAGO DI YOUTUBE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (680kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
DOMESTIKASI TERHADAP PEREMPUAN MASIH TERJADI SAMPAI SEKARANG. DOMESTIKASI MERUPAKAN SALAH SATU KETIDAKADILAN YANG DIALAMI OLEH PEREMPUAN HINGGA KINI. DOMESTIKASI TERHADAP PEREMPUAN TIDAK HADIR BEGITU SAJA ATAU HADIR SECARA ALAMI TETAPI MERUPAKAN PRODUK DARI SISTEM YANG BERSIFAT PATRIARKIS UNTUK MENJADIKAN MEREKA SEBAGAI PEKERJA TANPA UPAH. HAL INI DILAKUKAN UNTUK MENEKAN ONGKOS PRODUKSI SEBUAH SISTEM SEHINGGA UPAH YANG DIBAYAR PEKERJA LAKI-LAKI DAPAT DITEKAN. IKLAN SEBAGAI MEDIA PENARIK KONSUMEN UNTUK MENGKONSUMSI PRODUK DARI PEMBUAT IKLAN KEMUDIAN MEMANFAATKAN KONDISI TERSEBUT GUNA MENDAPATKAN KONSUMEN SEBANYAK MUNGKIN. PEREMPUAN SERING DITAMPILKAN DALAM IKLAN DALAM MELAKUKAN KEGIATAN YANG BERKUASA DI DALAM RANAH PRIVAT ATAU PEKERJAAN RUMAH TANGGA. SALAH SATU IKLAN YANG MENAMPILKAN PEREMPUAN MELAKUKAN PEKERJAAN RUMAH TANGGA ATAU KERJA DALAM RANAH PRIVAT ADALAH BELANJA DI GOMART, DIBELANJAIN #EMAKJAGO DARI GOJEK INDONESIA. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUANG DOMESTIK YANG TERDAPAT PADA IKLAN GOMART VERSI DIBELANJAIN #EMAKJAGO DI YOUTUBE? METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH SEMIOTIKA DARI ROLAND BARTHES. DENGAN METODE TERSEBUT MEMUNGKINKAN PENELITIAN INI UNTUK MENEMUKAN DATA PADA RELASI TANDA TAHAP PERTAMA ATAU DENOTASI DAN RELASI TANDA PADA TAHAP KEDUA ATAU KONOTASI. PENELITIAN INI MENEMUKAN REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUANG DOMESTIK DALAM IKLAN TERSEBUT. DOMESTIKASI TERHADAP PEREMPUAN DILAKUKAN DENGAN MENAMPILKAN PEREMPUAN MEMILIKI KEAHLIAN DALAM MENGURUS RUMAH TANGGA DAN DITAMPILKAN BODOH SERTA LUCU.
Dosen Pembimbing: | TRI HASTUTI NUR ROCHIMAH, DR., S.SOS., M.SI. | NIDN0508027101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | DOMESTICATION OF WOMEN, ADS, SEMIOTIC, HOUSEWIFE |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:40 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |