HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS LABORATORIUM DENGAN KEPATUHAN MENERAPKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR LABORATORIUM DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

TITIN WIDIAWATI HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS LABORATORIUM DENGAN KEPATUHAN MENERAPKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR LABORATORIUM DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of BAB I-tesis titin mei 2016.docx] Text
BAB I-tesis titin mei 2016.docx

Download (27kB)
[thumbnail of BAB II-tesis titin mei 2016.docx] Text
BAB II-tesis titin mei 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of BAB III-tesis titin mei 2016.docx] Text
BAB III-tesis titin mei 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of BAB IV-tesis titin mei 2016.docx] Text
BAB IV-tesis titin mei 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of BAB V-tesis titin mei 2016.docx] Text
BAB V-tesis titin mei 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of COVER NASKAH PUBLIKASI-SOP-TITIN.docx] Text
COVER NASKAH PUBLIKASI-SOP-TITIN.docx

Download (22kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.docx] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.docx] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL SOP-RSPS.docx] Text
HALAMAN JUDUL SOP-RSPS.docx

Download (24kB)
[thumbnail of INTISARI- SOP.docx] Text
INTISARI- SOP.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR TESIS-SOP.docx] Text
KATA PENGANTAR TESIS-SOP.docx
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of NASPUB INDO-SOP TITIN.docx] Text
NASPUB INDO-SOP TITIN.docx
Restricted to Registered users only

Download (42kB)

Abstract

Latar belakang: Pelayanan laboratorium merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Agar penyelenggaraan pelayanan di instalasi laboratorium dapat mencapai tujuan diperlukan suatu perangkat instruksi atau langkah-langkah kegiatan yang dibakukan, yakni Standar Operasional Prosedur (SOP). Petugas laboratorium harus memiliki pegetahuan dan sikap yang positif terhadap penerapan SOP laboratorium. Selain itu pengetahuan dan sikap positif juga berfungsi sebagai defence mechanism atau sebagai pertahanan diri dalam menghadapi lingkungannya. Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap petugas laboratorium terhadap kepatuhan menerapkan SOP Kesehatan dan Keselamatan Kerja di laboratorium RSUD Panembahan Senopati. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskripsi analitik. Variabel bebasnya pengetahuan dan sikap petugas laboratorium, variable terikat yaitu kepatuhan menerapkan SOP. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas laboratorium yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yakni sampel jenuh. Analisis data menggunakan uji Korelasi Product Moment Pearson dan korelasi berganda. Hasil dan Pembahasan: Nilai signifikansi pengetahuan terhadap kepatuhan menerapkan SOP sebesar 0,000 (Sig<0,05), korelasi sebesar 0,642 dan signifikansi sikap terhadap kepatuhan menerapkan SOP sebesar 0,001 (Sig<0,05), korelasi sebesar 0, 616. Nilai korelasi pengetahuan dan sikap terhadap kepatuhan menerapkan SOP sebesar 0,778 yang menunjukkan pengetahuan dan sikap berkorelasi positif terhadap kepatuhan SOP atau mempunyai hubungan sangat kuat. Nilai R square dalam penelitian ini sebesar 60,5% sedangkan sisanya yaitu 39,5% kepatuhan SOP dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kesimpulan: 1)Pengetahuan petugas berhubungan dengan kepatuhan menerapan SOP Kesehatan dan Keselamatan Kerja laboratorium, 2) Sikap petugas berhubungan dengan kepatuhan menerapan SOP Kesehatan dan Keselamatan Kerja laboratorium dan 3) Pengeahuan dan sikap petugas laboratorium berhubungan dengan kepatuhan menerapkan SOP Kesehatan dan Keselamatan Kerja di laboratorium RSUD Panembahan Senopati Bantul secara bersama-sama/simultan.

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:02
Last Modified: 12 Dec 2022 04:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35622

Actions (login required)

View Item
View Item