ANTON SAMUDERA SUKIRAN (2022) PENGATURAN SUDUT PENGAPIAN KEMAGNETAN PADA YAMAHA FIZ R. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (116kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi berkembang pesat pada era 1990-an terutama pada bidang otomotif terutama seopeda motor. Yamaha merupakan salah satu produsen otomotif yang mampu bersaing pada dunia otomotif dengan para kompetitornya . terlebih lagi pada motor 2 langkah , yamaha mampu memproduksi motor fizr yang sangat unggul di motor 2 langkah yang menggunakan oli samping. Dari ke unggulan motor fizr tersebut sering digunakan dalam kejuaraan motor roadrace. Sepeda motor fizr ini di modifikasi guna mendapatkan perfoma yang maksimal dari sebelumnya, dengan memodifikasi komponen atau memberi komponen tambahan. Proses modifikasi pada motor fizr ini akan dilakukan mengurangi berat magnet , mengganti koil yang asli dan melakukan pengecekan koil. Pembubutan pada magnet motor fizr mendapatkan hasil dengan berat 1030 gram diameter 112 mm menjadi berat 851 gram dan diameter menjadi 84,21 mm dapat mempengaruhi perfoma mesin lebih meningkat serta dengan mengganti koil dengan koil aftermarket dan mengecek kumparan primer dan sekunder, dengan mendapatkan hasil kumpuran primer sebesar 0,4 KΩ dan kumparan sekunder sebesar 6,35 KΩ. Disimpulkan bahwa pembubutan magnet dan penggantian koil mempengaruhi perfoma mesin yang lebih dan percikan bunga api lebih besar.
| Dosen Pembimbing: | MIRZA YUSUF, IR., S.PD.T., M.T. | NIDN0514108603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (D3) |
| Uncontrolled Keywords: | MOTOR FIZR, KOIL, MAGNET (ROTOR) |
| Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Mesin |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 23 Dec 2023 01:52 |
| Last Modified: | 23 Dec 2023 01:52 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
