FIKRY BAGUS PRATAMA (2022) PENERAPAN SEKOLAH DARING DI MASA COVID-19 UNTUK OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BELAJAR MEMBACA ANAK USIA DINI TKIT BINA INSANI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (618kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (126kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan sekolah daring dalam optimalisasi perkembangan membaca anak usia dini dan untuk mengetahui hasil dari penerapan sekolah daring untuk optimalisasi perkembangan membaca anak usia dini TKIT Bina insani. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di TKIT Bina Insani. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini melibatkan 2 informan, 1 wali kelas TKIT Bina Insani kelas B3 dan 1 wali murid TKIT Bina Insani kelas B3. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, conclusion drawing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sekolah daring di masa covid-19 untuk optimalisasi perkembangan belajar membaca anak usia dini dengan cara penerapan sekolah daring untuk optimalisasi perkembangan dengan mengajar melalui whatsapp video call, melakukan home visit, dan melakukan metode belajar dengan lambang-lambang dan kartu huruf. Untuk penerapan sekolah daring dalam optimalisasi perkembangan membaca tidak efektif dibuktikan dengan terbatasnya jaringan internet dan terbatasnya waktu yang kurang kondusif dalam proses pembelajaran.
| Dosen Pembimbing: | YUSUF A HASAN, DRS., M.AG. | NIDN0526025901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Online School, Covid-19, Lerning to Read, Early Childhood |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 18 Dec 2023 06:52 |
| Last Modified: | 18 Dec 2023 06:52 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
