HIMMAWAN AYATHURRAHMAN (2022) INTEGRASI ILMU AGAMA DAN ILMU SAINS MENURUT SAID NURSI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PENELITIAN INI BERTUJUAN (1) UNTUK MEMAHAMI TENTANG GAGASAN DAN TEORI SAID NURSI BERKAITAN DENGAN INTEGRASI ILMU AGAMA DAN SAINS. 2) UNTUK MEMAHAMI RELEVANSI TEORI SAID NURSI DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF DENGAN JENIS PENELITIAN STUDI PUSTAKA, MEMAKAI METODE PENYATUAN REFERENSI DARI MEMAHAMI REFERENSI MELALUI SUMBER DATA YANG DI DAPAT MELALUI REFERENSI JURNAL DAN BUKU PRIMER DAN SEKUNDER YANG BERKAITAN PADA TEORI TOKOH YANG DITELITI. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESKRIPTIF KUALITATIF, DAN JENIS PENELITIAN YANG DIGUNAKAN ADALAH STUDI PUSTAKA, YAITU MENGUMPULKAN DATA YANG BERTUJUAN UNTUK DIJADIKAN OBJEK PENELITIAN DATA YANG BERSIFAT STUDI PUSTAKA. METODE KONTEN ANALSIS YAITU MENDESKRIPSIKAN SECARA TERATUR, OBJEKTIF, DAN SITEMATIS MENGENAI KONSEPSI TOKOH DAN LEMBAGA. SAID NURSI ADALAH SALAH SATU TOKOH PEMBAHARUAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN PADA ABAD KE 20. DENGAN GAGASAN REFORMASI PENDIDIKAN KE ARAH INTEGRATIF, YAITU MENGKOMBINASIKAN DUA ILMU PENGETAHUAN (AGAMA DAN SAINS MODERN) YANG DIANGGAP TERPISAH. CORAK PEMBAHARUAN SAID NURSI ADALAH PENDIDIKAN UNTUK UMAT, DIMANA KONDISI UMAT ISLAM PADA ZAMAN SAID NURSI MENGALAMI KEBODOHAN YANG MENJADI PENYEBAB UMAT ISLAM DIJAJAH DAN HIDUP DALAN KEKUASAAN BANGSA ASING DI NEGERINYA SENDIRI . HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN 1. RELEVANSI PEMIKIRAN SAID NURSI YANG BERASASKAN INTEGRALISASI ILMU PENGETAHUAN YANG BERAKAR DARI FITRAH MANUSIA UNTUK MENCARI KEBAHAGIAAN SEJATI DI DUNIA DAN AKHIRAT SEJALAN DENGAN PEMIKIRAN PARA TOKOH MUSLIM SEPERTI ISMAIL RAFFI AL-FARUQI BERBICARA TENTANG ISLAMISASI ILMU, ZAINUDIN SARDAR TENTANG PENCIPTAAN SAINS ISLAM KONTEMPORER. 2. RELEVANSI DALAM METODE DAN PENDEKATAN PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM METODE PROSES BELAJAR MENGAJAR.
Dosen Pembimbing: | SADAM FAJAR SHODIQ, S.PD.I., M.PD.I and ANITA A'ISAH, S.PSI., M.PSI | NIDN0520039101, NIDN0505078702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | INTEGRATION, RELIGIOUS STUDIES, SCIENCE, SAID NURSI |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 07:09 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 07:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |