ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL TIGA LENGAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN SEDAYU DAN SIMPANG TIGA LENGAN TAK BERSINYAL JALAN SEDAYU DAN JALAN ARGODADI, DUSUN SUNGEPAN, DESA ARGODADI, KEC. SEDAYU, KAB. BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

DANI PRASETIYO (2017) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL TIGA LENGAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN SEDAYU DAN SIMPANG TIGA LENGAN TAK BERSINYAL JALAN SEDAYU DAN JALAN ARGODADI, DUSUN SUNGEPAN, DESA ARGODADI, KEC. SEDAYU, KAB. BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pembangunan menyebabkan kebutuhan manusia akan pergerakan transportasi meningkat. Transportasi yang baik dapat menentukan perkembangan suatu wilayah karena dapat memperlancar seluruh kegiatan manusia. Jika hal tersebut tidak diimbangi dengan pelebaran serta perbaikan fasilitas jalan akan menimbulkan terjadinya kemacetan, kecelakaan dan gangguan berkendaraan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ruas jalan dan simpang tiga lengan tak bersinyal di Jalan Sedayu Gesikan. Dusun Sungepan, Desa Argodadi, Kec. Sedayu, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan pengambilan data lalu lintas pada hari Selasa 25 April 2017 dan Minggu 30 April 2017 dimulai pada jam 06.00 -18.00 WIB dan pengukuran langsung kondisi geometrik ruas jalan dan simpang. Data sekunder berupa data jumlah penduduk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2016. Analisis data datum penelitian ini berdasarkan PKJ12014 dan MKJI 1997 serta bantuan MS. Exsel.
Hasil analisis penelitian pada ruas Jalan Sedayu menunjukan bahwa volume lalu lintas tertinggi terdapat pada hari Selasa pada periode 07.15-08.15 W1B dengan volume kendaraan sebesar 492,1 skr/jam. Hambatan Samping pada hari Selasa terkategori sangat rendah dan nilai Kapasitas ruas jalan sebesar 2808,50 skr/jam, untuk nilai Derajat Kejenuhan sebesar 0,18. Sedangkan hasil analisis penelitian simpang tak bersinyal tiga lengan jalan Sedayu menunjukan bahwa volume lalu lintas tertinggi terdapat pada hari Selasa pada periode 06.45-07.45 WIB dengan volume kendaraan sebesar 381.2 skr/jam dan nilai Kapasitas simpang sebesar 2645.25 skr/jam. Untuk nilai Derajat Kejenuhan didapat sebesar 0.14, Tundaannya sebesar 6.44 detik/skr, serta Peluang Antrian sebesar 1,76% batas atas dan 6.53% batas bawah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jalan Sedayu, Kinerja Ruas Jalan, Kinerja Simpan Tak Bersinyal Tiga Lengan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:37
Last Modified: 29 Dec 2023 01:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36175

Actions (login required)

View Item
View Item