Dien Kusma Pharamita (2021) PREJUDICE MENURUT TAFSIR IBNU KATSIR DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul Prejudice Menurut Tafsir Ibnu Katsir dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam yaitu penelitian yang bertujuan menganalisis bagaimana makna prejudice (prasangka) dalam Tafsir Ibnu Katsir serta dampak bagi pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian literatur atau library research dengan menggunakan buku, Al-Quran, jurnal dan sebagainya melalui metode analisis tafsir maudhu’I dengan hasil penelitian yaitu menurut tafsir Ibnu Katsir prejudice merupakan sikap negatif atau buruk sangka dengan tanpa bukti atau tanda yang jelas. Sedangkan menurut Ibnu Katsir prasangka yang diperbolehkan yaitu prasangka yang mempunyai tanda atau bukti yang jelas. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya prejudice yaitu faktor sosial dan faktor individu. Faktor sosial diantaranya adalah kategorisasi sosial, identitas sosial, perbandingan sosial, deprivasi relatif, konflikrealistis dan frustasi-agresi. Faktor individu diantaranya adalah kepribadian otoritarian, teori biologis dan teori psikodinamika. Implikasinya dalam pendidikan agama Islam yaitu di dalam PAI hendaknya diajarkan secara maksimal tentang sikap multikultural seperti toleransi dan lain-lain, selanjutnya harus dibiasakan bersikap saling terbuka melalui metode diskusi, kemudian memberikan pemahaman tentang adab menerima dan menyampaikan informasi dan penerapan system pembelajaran kolaboratif.
Dosen Pembimbing: | PROF. DR. MUHAMMAD AZHAR, M.AG | NIDN0508086101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:47 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |