MUHAMMAD ADITYA WIDYANANTO (2023) STRATEGI PROMOSI TRAVEL NUVANTARA MELALUI MEDIA INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (438kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang strategi promosi travel nuvantara melalui media Instagram, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi travel nuvantara menggunakan media sosial Instagram dalam upaya meningkatkan jumlah konsumen atau customers pada tahun 2021. Adapun kerangka teori yang dibahas oleh peneliti dalam penelitian ini adalah mengenai strategi promosi, promosi pariwisata, bauran promosi online, dan Instagram sebagai media promosi online. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara peneliti dengan beberapa informan internal maupun informan eksternal, peneliti juga menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan hasil wawancara informan dengan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi travel nuvantara menggunakan media Instagram sudah sepenuhnya dengan baik. Dari segi pesan yang telah disampaikan juga sudah sepenuhnya dengan baik, dengan adanya evaluasi hasil promosi yang dapat menambah keaktifan promosi.Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa strategi promosi travel nuvantara melalui media Instagram dalam meningkatkan jumlah konsumen pada tahun 2021 adalah dengan melakukan tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan bauran promosi, dan evaluasi. Bauran promosi yang dipilih oleh Travel Nuvantara diantaranya adalah personal selling, sales promotions, dan direct marketing. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh travel nuvantara sudah dilaksanakan dengan baik. Adapun strategi promosi yang paling sering digunakan oleh travel nuvantara adalah promosi melalui media Instagram. Faktor pendukung strategi promosi travel nuvantara yaitu memiliki banyak relasi dengan dunia usaha, komunitas, dan instansi lembaga. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah belum adanya divisi khusus promosi dan strategi budgeting yang terencana dengan baik.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. | NIDN0520118701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Nuvantara Travel, Tourism Promotion, Instagram, Online Promotion Mix |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 28 Oct 2023 04:01 |
| Last Modified: | 28 Oct 2023 04:01 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
