SHILKHANA AZAHRA (2023) REPRESENTASI EFFEMINATE PERSON DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN PANTENE MIRACLES HAIR SUPPLEMENT BARU DAN IKLAN LAZADA 6.6 SALE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Iklan sebagai salah satu media pemberi informasi mengambil peran besar dalam merepresentasikan effeminate person untuk konsumsi publik. Didalam iklan media baru, effeminate person dikonstruksikan bukan sebagai musuh tetapi sebagai bagian dari masyarakat yang dihargai seperti orang pada umumnya. Hal ini digambarkan dengan menunjukkan kemampuan yang mereka miliki sehingga mengubah stereotip negatif masyarakat yang telah lama disematkan pada effeminate person. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi effeminate person dalam iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes melalui penafsiran sign, signifier dan signified untuk menemukan makna denotasi, konotasi dan mitos. Sumber data diambil dari video iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale serta sumber pendukung lainnya dari berbagai literatur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale, memberikan effeminate person ruang untuk berkembang dengan direpresentasikan sebagai seseorang yang percaya diri atas identitas effeminate nya dan mengukuhkan stereotip laki-laki effeminate sebagai seorang pesolek melalui scene-scene yang terdapat dalam iklan.
Dosen Pembimbing: | Tri Hastuti Nur Rochimah, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0508027101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Representation, Effeminate person, Semiotics, Advertisement |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 08:03 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 08:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |