THE USE OF SHORT STORIES TO IMPROVE STUDENTS READING COMPREHENSION IN SMA NEGRI 1 PURWAREJA KLAMPOK, BANJARNEGARA

AISYA KENIA RAHMAN (2023) THE USE OF SHORT STORIES TO IMPROVE STUDENTS READING COMPREHENSION IN SMA NEGRI 1 PURWAREJA KLAMPOK, BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cerita pendek menjadi media pembelajaran yang menarik bagi siswa dalam pemahaman membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan cerita pendek terhadap pemahaman membaca siswa di SMA di Banjarnegara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen. Desain kelompok eksperimen dan kontrol digunakan dalam penelitian ini. Eksperimen menggunakan cerita pendek untuk mengajarkan keterampilan membaca pemahaman kepada kelompok eksperimen. Untuk mengukur pemahaman membaca siswa digunakan tes pemahaman bacaan yang diambil dari soal-soal ujian nasional standar bahasa Indonesia. Dalam analisis data, peneliti menggunakan uji-t sampel berpasangan melalui analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 67,2 dan untuk post-test adalah 82. Sedangkan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 63,8 dan untuk post-test adalah 73,6. Nilai Sig. lebih besar dari 0,05 (0,110>0,05), berarti H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan cerita pendek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reading comprehension, short story, teaching English language
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 28 Oct 2023 08:01
Last Modified: 28 Oct 2023 08:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36619

Actions (login required)

View Item
View Item