FICKI DWI KURNIAWAN (2023) REPRESENTASI AYAH TUNGGAL DALAM IKLAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
Abstract
ABSTRAK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Advertising Ficki Dwi Kurniawan 20170530157 Representasi Ayah Tunggal Dalam Iklan (Analisis Semiotika Dalam Iklan Ramayana Versi Warna Kebahagiaan Series Ramayana - Tulusnya Cinta Di Situs Youtube) Tahun Skripsi : 2022 + 70 Hal + 3 Tabel + 10 Gambar Daftar Pustaka : 36 Buku + 27 Jurnal + 3 Website Penelitian ini mengkaji sebuah video iklan yang mengangkat cerita tokoh ayah sebagai orang tua tunggal yang harus mengurus seorang anak perempuannya seorang diri. Sosok ayah sebagai pribadi dipandang sebagai sosok yang memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan lebih banyak melakukan pekerjaan di luar rumah. Berbeda dengan Ibu yang identik dengan pekerjaan mengasuh dan pekerjaan rumah tangga. Akan tetapi ketika menjadi orang tua tunggal, ayah dituntut untuk dapat memerankan peran ganda. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi ayah tunggal dalam iklan Ramayana Versi Warna Kebahagiaan Series Ramayana - Tulusnya Cinta Di Situs Youtube. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diambi dari video iklan Tulusnya Cinta dan juga sumber-sumber tertulis lainnya yang diperoleh dari berbagai literatur. Teknik analisis data menggunakan semiotika Roland Barthes dengan menganalisis signifier dan signified untuk menemukan mitos yang berkaitan dengan representasi ayah tunggal dalam iklan. Hasil penelitian menemukan bahwa iklan Tulusnya Cinta merepresentasikan seorang ayah tunggal yang tidak bisa menjalankan peran ganda dan ayah tunggal yang memiliki kecenderungan sifat feminin. Ayah tunggal tidak bisa menjalankan peran ganda ditandai dengan beberapa scene yang menunjukkan bahwa ayah mengalami kesulitan dalam mengurusi dan menyiapkan keperluan sekolah anak maupun menyiapkan makanan anak dengan baik, sehingga menunjukkan bahwa ayah tidak pernah terlibat dalam pengasuhan. Ayah dalam budaya patriarki memiliki peran dalam ranah publik dan tidak terlibat secara langsung dalam kegiatan pengasuhan anak maupun pekerjaan domestik. Adegan-adegan dalam ilustrasi iklan tersebut menandakan bahwa ayah tunggal memiliki kecenderungan sifat feminin yang selama ini dianggap melekat dengan peran gender perempuan. Kata Kunci: Representasi, Ayah Tunggal, Semiotika, dan Iklan
Dosen Pembimbing: | Tri Hastuti Nur Rochimah, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0508027101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Representation, Single Father, Semiotics, Advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:24 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |