Fathimatuz Zahra (2021) BIMBINGAN TERHADAP ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR'AN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Autisme adalah suatu gangguan perkembangan yang biasanya terjadi pada masa kanak-kanak. Gangguan ini ditandai pada ketidakmampuan berinteraksi dengan orang lain dalam bentuk penguasaan bahasa yang tertunda. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan interaksi dengan orang lain agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Oleh karena itu berinteraksi sosial menjadi suatu hal yang urgent khususnya bagi anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bimbingan anak autis yang diterapkan pada Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa-siswanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an memberikan bimbingan berupa terapi wicara. Terapi wicara ini ditangani oleh terapis yang kompeten di bidangnya, juga bimbingan di kelas dengan metode pembelajaran yang terstruktur (dengan model 1 guru mengajar 1-2 siswa di kelas). Selanjutnya setelah diberikan bimbingan, siswa menunjukkan perubahan yang baik yaitu antara lain mulai terfokusnya pandangan mata dan juga timbulnya pemahaman mengenai cara untuk menyampaikan keinginan atau perasaan dengan tepat. Hambatan dalam proses bimbingan ini adalah beragamnya pola asuh orang tua pada masing-masing siswa, tidak terjaganya pola makan yang dapat mengakibatkan hiperaktif dan tantrum serta sarana prasarana yang terbatas.
Kata Kunci: Interaksi sosial, Anak autisme
Dosen Pembimbing: | Siti Bahiroh, Dr. Dra., M.Si | NIDN0506096401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Dec 2021 03:09 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 03:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |