ANGGI LISNANDA CHAIRUNNISA (2023) ANALISIS STRATEGI DAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MEMPERTAHANKAN KINERJA KEUANGAN BMT DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS BMT UMY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Selama masa pandemi Covid-19, banyak usahayang kolaps sehingga berdampak pada kegiatan sektorkeuangan seperti BMT. Untuk menghindari dampakpandemi tersebut, BMT UMY membutuhkan strategi yang didasarkan pada informasi akuntasi yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampakpandemi Covid-19 terhadap BMT UMY, strategi BMT UMY dalam mempertahankan kinerja keuangan di masa pandemi Covid-19, dan untuk mengetahuipenerapan penggunaan informasi akuntansi yang dilakukan BMT UMY dalam mempertahankan kinerjakeuangan di masa pandemi Covid-19. Penelitianmenggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada DireksiBMT terdiri dari bagian Keuangan dan bagian Marketing, nasabah BMT UMY terdiri darimahasiswa, staf UMY, mitra penyimpan dana, dan pelaku usaha. Analisis data menggunakan teknikinteraktif. Keabsahan data dilakuan dengan tekniktriangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pertama, dampak pandemi Covid-19 tampakpositif dilihat dari makin intensnya BMT UMY dalammelakukan penawaran kepada calon mitra secaradigital melalui BMT UMY mobile ataupun sosialmedia. Permintaan layanan jual beli (mudharobah) kendaraan bermotor justru meningkat. Kedua, strategi BMT UMY dalam mempertahankan kinerja keuangandi masa pandemi Covid-19 dilakukan denganmenerapkan transaksi secara online, dan fokusmelakukan digital marketing untuk mendapatkan mitraatau nasabah. Penggunaan Instagram dan Facebook oleh BMT UMY menjadi bagian dari digital marketing. Ketiga, penggunaan informasi akuntansioleh BMT UMY selama masa pandemi Covid-19 gunamempertahankan kinerja keuangan diterapkan dengancara mengidentifikasi kebutuhan masyarakatkelompok sasaran yang menghendaki adanya layananyang lebih fleksibel, mudah dan cepat dengan bantuanteknologi informasi. Keputusan memberikan layanansecara online termasuk melalui BMT UMY mobile merupakan hasil dari penggunaan informsi akuntansi.
Dosen Pembimbing: | Rizal Yaya, Prof., S.E., M.Sc., Ph.D. Ak. CA. | NIDN0518127301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Covid-19 Pandemic, Accounting Information, Strategy, Performance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |