MUHAMMAD BAYYIN NUHA HIBATULLOH (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FKIK UMY ANGKATAN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berkaitan dengan penyebaran covid-19 yang tidak terkendali, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran dari rumah. Pembelajaran daring juga dilaksanakan untuk Program Studi Kedokteran UMY. Hal tersebut sangat menjadi perhatian dikarnakan adanya capainan hasil pembelajaran yang tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan nilai evaluasi belajar mahasiswa laki-laki dan perempuan serta pembelajaran luring dan luring.Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan retrospektif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu hasil evaluasi belajar blok 1-11 mahasiswa kedokteran UMY angkatan 2018 dan 2020. Uji analisis yaitu analisis komparatif Independent Sample T-Test.Hasil : Uji perbedaan nilai mahasiswa laki-laki dan perempuan pembelajaran luring didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,363 (>0,05) sedangkan pada pembelajaran daring didapatkan sebesar 0,054 (>0,05). Nilai signifikansi uji perbedaan pembelajaran luring dan daring didapatkan sebesar 0,001 (Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan nilai evaluasi belajar blok 1-11 yang signifikan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Terdapat perbedaan nilai evaluasi belajar blok 1-11 yang signifikan antara pembelajaran daring dan luring.
Dosen Pembimbing: | Sri Sundari, Dr. dr, M.Kes and Wiwik Kusumawati, Dr. dr., M.Kes. | NIDN0513046701, NIDN0527056601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Learning, Online, Offline, Learning Outcomes, Gender |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:03 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |