OKTARITA DAMAYANTI (2023) DIMENSI DIPLOMASI BUDAYA DALAM IKLAN TOKOPEDIA YANG MEMANFAATKAN BTS DAN BLACKPINK TAHUN 2019-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Popularitas Korean Wave di berbagai negara dimanfaatkan oleh Tokopedia untuk semakin menyebarkan kebudayaan dan produk lokal Indonesia di kancah internasional. Kebudayaan ini berupa bahasa Indonesia dan makanan-makanan khas Indonesia. Tokopedia memanfaatkan public figure dari Korea Selatan yaitu BTS dan Blackpink yang memiliki popularitas dan pengaruh besar untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana Tokopedia memanfaatkan public figure tersebut untuk semakin menyebarkan kebudayaan Indonesia ke negara-negara lain. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Kerja sama ini merilis iklan-iklan dan konten-konten ekslusif yang menggunakan bahasa Indonesia baik bahasa formal maupun bahasa gaul. Tokopedia juga memanfaatkan WIB TV Show Tokopedia untuk memperkenalkan makanan-makanan khas dan produk lokal seperti nasi goreng, sate ayam, rendang, gado gado dan susu Indomilk rasa pisang. Kerja sama ini mendapat respon positif dari warga negara lain. Kerja sama ini sering menjadi trending topic di Twitter, direpost oleh banyak akun penggemar, dan bahkan banyak penggemar yang mulai belajar bahasa Indonesia. Kerja sama ini pun menjadi salah satu diplomasi kebudayaan yang dimanfaatkan oleh Indonesia.
Dosen Pembimbing: | Tulus Warsito, Prof. Dr., M.Si. | NIDN0510105301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Korean Wave, cultural diplomacy, language, traditional dishes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |