AFRILIA CAHYANI (2023) KAJIAN ATAS BARANG UMPAN (DECOY PRODUCT) DALAM HUKUM PERSAINGAN USAHA DAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Generasi milenial dan generasi Z cenderung mengalami dampak negatif decoy effect, sehingga dibutuhkan hukum perlindungan konsumen. Penelitian ini bertujuan membuktikan kecenderungan dampak negatif dari decoy effect, dan pentingnya perlindungan konsumen melalui literasi digital. Pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian generasi milenial dan generasi Z yang diberikan pilihan produk yang ditawarkan dengan menggunakan barang umpan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Responden cenderung terjebak pada decoy effect, sehingga konsumen berhak tahu sebelum mengambil keputusan, Masyarakat mengetahui dan memberikan saran-saran atau kritikan, dan pemerintah menyusun kebijakan terkait dengan perlindungan konsumen. Implikasinya adalah undang-undang perlindungan konsumen yang ada harus mengikuti market signal, fleksibel, dan rasional berbasis literasi digital. Kepastian hukum sebagai bentuk perlindungan hukum konsumen untuk mencapai kesetaraan dalam perikatan sebagai konsep bagi yang bertransaksi.
Dosen Pembimbing: | Fadia Fitriyanti, Dr., S.H., M.Hum., M.Kn. | NIDN0527117102 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Decoy Effect; Digital Literacy; Consumer Protect |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Hukum |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |