RANNY APRILLIA FATMAWATI (2023) STUDENTS' PERCEPTION ABOUT ONLINE LEARNING THROUGHMOODLE IN A PRIVATE UNIVERSITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sejak berdirinya, penelitian tentang Moodle telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Namun terbatas pada kelebihan dan kekurangan Moodle sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, manfaat, dan tantangan penggunaan Moodle menurut persepsi siswa. Desain penelitian kualitatif deskriptif diterapkan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sepuluh mahasiswa dari tahun akademik kedua dan ketiga dari 8 jurusan dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta secara sukarela terlibat. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data. Pentranskripsian dan pengecekan anggota dilakukan oleh peneliti sebelum menganalisis dan menarik kesimpulan untuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peserta mengalami beberapa kegiatan menggunakan Moodle seperti mengadakan kuis, ujian, konferensi video, berbagi materi, dan mencatat kehadiran. Manfaat yang ditangkap dapat dikatakan sebagai platform yang ramah pengguna, terintegrasi, dan mendukung pembelajaran mandiri. Terakhir, terkait temuan ketiga, tantangan juga ditemukan seperti server down, ukuran file yang dibutuhkan, dan pemberitahuan minimum untuk tugas yang harus diselesaikan. Hasil penelitian kali ini menambah nuansa dan pembahasan di bawah penggunaan Moodle sebagai sistem manajemen pembelajaran. Rekomendasi untuk beberapa pihak juga disebutkan di bagian akhir bab ini.
Dosen Pembimbing: | Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D. | NIDN0517037002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Moodle, learning medium, activities, benefits, challenges |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 07:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 07:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |