RIKA PUTRI SUANDA (2023) INOVASI PELAYANAN PUBLIK ERA NEW NORMAL PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN PASAMAN BARAT (STUDI KASUS : PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Salah satu kewajiban pemerintah daerah adalah dengan memudahkan segala urusan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan, dengan demikian pihak kantor samsat pasaman barat memberikan inovasi pelayanan publik berupa samsat online dan samsat keliling untuk memudahkan masyarakat dalam hal mengurus pajak kendaraan yang mereka miliki, inovasi ini dilakukan untuk menghindari penumpukan masyarakat pada kantor samsat akibat banyak nya antrian yang tidak dapat diselesaikan selama sehari, akibat nya banyak masyarakat yang besoknya akan datang kembali ke kantor samsat untuk menyelesaikan urusannya, dengan demikian kantor samsat memberikan inovasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk pembayaran pajak kendaraan khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah pelosok daerah.karakteristik inovasi yang dikemukakan oleh Rogers (2003) yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemudahan diamati, inovasi yang diberikan oleh kantor samsat pasaman barat telah mencakup kelima karakteristik tersebut, sehingga inovasi ini berhasil memudahkan masyarakat dalam hal pembayaran pajak kendaraan yang mereka miliki serta dengan adanya inovasi ini dapat mengurangi penumpukan antrian pada kantor samsat.
Dosen Pembimbing: | Atik Septi Winarsih, , Dra., M.Si. | NIDN0520096601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | service innovation, vehicle tax, Samsat office |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:14 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |