Tassya Alfani Siregar (2020) Pengaruh Multi Agama Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di SMP Bopkri Godean. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana pendidikan karaker di SMP BOPKRI Godean serta menganalisis adakah pengaruh Multi Agama terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMP BOPKRI Godean dan seberapa besar pengaruh tersebut. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian survey. Penelitian ini dilakukan di SMP BOPKRI Godean. Variabel yang digunakan di dalam penelitian ini ialah Multi Agama sebagai variabel independen (X) dan Pendidikan Karakter sebagai variabel dipenden (Y). Populasi pada penelitian ini merupakan
46 siswa di SMP BOPKRI Godean dan sampel penelitian ini ialah seluruh populasi siswa di SMP BOPKRI Godean. Teknik Pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara yang dilakukan kepada Kepala Sekolah SMP BOPKRI Godean, kuisioner ditujukan kepada siswa dan juga dokumentasi yang didaptkan dari SMP BOPKRI Godean guna untuk mendapatkan data yang dibutuhkan di dalam penelitian ini.Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini ialah uji deskriptif dan uji analisis regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasannya (1) Pendidikan karakter siswa di SMP BOPKRI Godean menajalankan fungsinya dalam kategori sedang yaitu sebesar 67,4%, dengan pengkategorian tersebut juga didapatkan hasil melalui wawancara dengan Kepala Sekolah SMP BOPKRI Godean mengenai pendidikan karakter yang paling menonjol dari tiga nilai pendidikan karakter yang digunakan di dalam penelitian ini ialah nilai toleransi. (2) Terdapat pengaruh antara variabel multi agama terhadap variabel pendidikan karakter siswa yang didapakan setelah melakukan uji analisis regresi linier sederhana, dan dari hasil uji regresi linier sederhana yang dilakukan di dalam penelitian ini juga didapatkan besarnya pengaruh multi agama terhadap pendidikan karakter siswa di SMP BOPKRI Godean yaitu sebesar 36.5% sedangkan untuk 63,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata kunci : Pengaruh; Multi Agama; Pendidikan Karakter
Dosen Pembimbing: | Sadam Fajar Shodiq,S.Pd.I, M.Pd.I | NIDN0520039101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 01:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |