Nurul Hasanah (2021) EFL STUDENTS’ DIFFICULTIES IN ORAL PRESENTATION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
<p>Berbicara menjadi keterampilan penting dalam belajar bahasa Inggris. Salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa adalah dengan melakukan presentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta terhadap kesulitan dan strategi dalam melakukan presentasi lisan. Penelitian dilakukan di Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas swasta. Presentasi lisan cukup sulit dalam aspek bahasa. Dari penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam presentasi lisan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing di kelas. Peneliti menggunakan desain deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Peneliti mewawancarai tiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari universitas swasta terkait presentasi lisan. Temuan penelitian ini dikategorikan menjadi dua bagian yaitu yang pertama adalah kesulitan dalam presentasi lisan ditinjau dari aspek kebahasaan. Kesulitan tersebut meliputi kurangnya pengetahuan pengucapan, kesulitan dalam kefasihan, kurangnya kosakata, dan kesulitan memahami tenses. Temuan kedua adalah strategi untuk mengatasi kesulitan dalam presentasi lisan. Strategi tersebut adalah melatih pengucapan, membaca dengan lantang, merekam pengucapan diri sendiri, memperkaya kosakata, mendengarkan percakapan bahasa Inggris, mencatat, mencari kamus online, dan mempersiapkan presentasi lisan.</p>
Dosen Pembimbing: | Puthut Ardianto, S.Pd., M.Pd. | NIDN0521068401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 02:02 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 02:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |