SYAFIRA DWI ANUGRAH (2023) KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN JASA CUCI BAJU DI QUEEN LAUNDRY YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (388kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Munculnya banyak usaha di masyarakat salah satunya usaha jasa laundry, tidak sedikit dari pelaku usaha dalam usaha tersebut mencantumkan ketentuan yang disebut dengan klausula untuk mempercepat proses transaksi yang ada di dalam nota laundry yang isinya dibuat secara sepihak tanpa adanya negosiasi dengan pelanggan pengguna jasa laundry tersebut. Berdasarkan hal tersebut penulis mengangkat rumusan masalah Bagaimana tanggung jawab pemilik usaha laundry terhadap kehilangan atau kerusakan barang dengan adanya klausula eksonerasi. Penelitian ini merupakan penelitian hukum secara empiris normatif, yang berfokus pada perilaku masyarakat dan penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari pihak-pihak yang bersangkutan dan berdasarkan bahan hukum utama dengan mengkaji teori, konsep, asas hukum, dan peraturan perundang-undangan terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini bahwa pelaku usaha mengalihkan tanggung jawab dari pelanggan, dan tidak bertanggung jawab dengan kelalaian dari pelaku usaha, sikap dari pelaku usaha terhadap complain dari pelanggan tersebut sangat merugikan pihak pelanggan karena pelaku usaha tidak amanah.
| Dosen Pembimbing: | Prihati Yuniarlin, S.H., M.Hum. | NIDN0502066301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Service Agreement, Exoneration Clause, Accountability |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 14 Sep 2023 01:45 |
| Last Modified: | 14 Sep 2023 01:45 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
