MIYA MELINA (2023) STRATEGI PEMERINTAH UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK INDONESIA MELALUI E-COMMERCE DI TENGAH GEMPURAN PRODUK ASING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemerintah untuk meningkatkan daya jual produk dalam negeri melalui e-commerce di tengah gempuran produk luar negeri yang semakin tinggi peminatnya di kalangan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teknik pengumpulan data yang meliputi data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kerangka pemikiran e-commerce dan perdagangan internasional menunjukkan bahwa saat ini persaingan dagang sangat mempengaruhi penjualan para pelaku usaha. Persaingan dagang ketika masuknya e-commerce di Indonesia membuat para pelaku UMKM memiliki pesaing yang cukup berat. Strategi yang digunakan Pemerintah Indonesia untuk mengatasi hal ini antara lain dengan melindungi UMKM dengan cara menerapkan kebijakan yang mewajibkan platform e-commerce untuk memberikan ruang khusus bagi pelaku UMKM dalam negeri serta memberikan bantuan berupa subsidi secara langsung kepada pelaku UMKM agar lebih dapat mengembangkan usahanya sehingga tidak akan kalah bersaing dengan e-commerce yang semakin berkembang.
Dosen Pembimbing: | Sidiq Ahmadi, S.IP., M.A. | NIDN0511017701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, UMKM, Government Strategy, Trade Competition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 01:57 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 01:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |