ARINA ZAHROTANNISA (2023) KOMUNIKASI VERBAL ANTARA GURU DAN MURID TUNARUNGU DI PESANTREN TUNARUNGU ABATA TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (698kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (29kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Hambatan anak tunarungu dalam menjalani komunikasi juga berdampak signifikan bagi proses pembelajaran yang seharusnya mereka dapatkan, terutama disaat mereka harus mengenal dunia dan lingkungan sekitarnya. Ini juga membuat banyak anak tunarungu hanya dapat berkomunikasi lewat komunikasi nonverbal atau isyarat dan sangat jarang dapat menggunakan bahasa verbal baik lisan atau tulisan. Pesantren tunarungu Abata Temanggung, merupakan sebuah sekolah berbasis pesantren untuk anak tunarungu dan mengenalkan pembelajaran dengan mengedepankan penggunaan komunikasi verbal bagi muridnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan penggunaan komunikasi verbal dan bagaimana pelaksanaan komunikasi verbal di Pesantren Tunarungu Abata Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana data-data yang didapat berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, pelaksanaan komunikasi di Pesantren Abata dilakukan lewat berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan yang mana terkhusus bagi anak tunarungu yang memakai alat bantu dengar. Fokus pembelajaran lewat komunikasi verbal dilakukan lewat pengajaran artikulasi, lip reading, identifikasi bunyi serta pengulangan materi dan penggunaan media untuk murid. Alasan diterapkannya komunikasi verbal antara guru dan murid di Pesantren Abata ini ialah berangkat dari keinginan terdahulu agar anak-anak tunarungu dapat beribadah secara verbal hingga dapat juga menghafal al-qur�an. Selain itu, pengajaran komunikasi verbal diharapkan dapat membuat murid dapat dengan nyaman berkomunikasi dengan lingkungan di sekitarnya.
| Dosen Pembimbing: | Imam Suprabowo, Dr. , S.Sos.I., M.Pd.I. | NIDN0513028702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Verbal Communication, Deaf Children, Islamic Deaf Boarding School |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:46 |
| Last Modified: | 07 Sep 2023 07:46 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
