FIKI DHUHA MUSTAQIMAH (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Akhlak merupakan nilai perilaku manusia yang menyeluruh kegiatan manusai, maupun berhubungan dengan tuhan, kelakuan, reaksi, perkataan serta perbuatan berdasarkan hukum agama Pada penelitian ini dalam menganalisis Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dengan melalukan penyebaran kepada 155 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta dalam kriteria tinggi dengan persentase sebesar 13%. 2) akhlak peserta didik SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta berada dalam kriteria sedang dengan persentase sebesar 26%. 3) hasil perhitungan diperoleh hasil nilai Sig. 0,000 kurang dari 0,05, artinya bahwa Ha diterima H0 ditolak. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam tehadap akhlak peserta didik SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik ialah sebesar 18,7persen, artinya ada faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi akhlak peserta didik SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.
Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Islamic religious education learning, student morals |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:35 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |