ANDINA PRISMA ANUGRAH PUTRI (2023) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' HABIT OF LISTENING TO ENGLISH SONGS AND THEIR VOCABULARY MASTERY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (255kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (104kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Siswa harus berlatih mendengarkan untuk menangkap dan memahami apa yang mereka dengar untuk memiliki keterampilan mendengarkan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi kebiasaan siswa mendengarkan lagu bahasa Inggris dan tingkat penguasaan kosakata siswa serta menjelaskan hubungan antara kebiasaan siswa mendengarkan lagu bahasa Inggris dengan penguasaan kosakata mereka. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta di Bawang, Batang, Jawa Tengah. Populasinya adalah siswa kelas 8. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengetahui kebiasaan siswa dalam mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan tes untuk mengetahui tingkat penguasaan kosa kata siswa. 189 siswa mengisi kuesioner dan tes dan menjadi sampel untuk penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan desain korelasional. Tingkat kebiasaan siswa mendengarkan lagu bahasa Inggris sedang, dengan skor 2,68. Sedangkan penguasaan kosa kata siswa sudah baik dengan skor 76,03. Skor kedua instrumen dihitung dan dianalisis menggunakan metode Korelasi Pearson Product Moment dan SPSS v.26 untuk melakukan korelasi. Tidak ada korelasi antara kedua variabel yaitu kebiasaan siswa mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan penguasaan kosakatanya karena nilai probabilitasnya adalah 0,56, dimana nilai probabilitasnya >0,05 (0,56>0,05). Hipotesis alternatif (H1) ditolak. Hasil tersebut terjadi karena ada beberapa faktor. Paparan penguasaan kosakata juga dapat terjadi melalui media lain dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, seperti media visual, seperti menonton video dan hal lainnya secara intensif, dan juga dari keterampilan berbahasa lainnya seperti membaca, berbicara, dan menulis. Jika studi tersebut melibatkan jumlah peserta yang lebih signifikan, hasilnya mungkin akan berbeda.
| Dosen Pembimbing: | Gendroyono, N/A, S.Pd., M.Pd. | NIDN0525017501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Listening, Students' Habit of Listening to English Songs, Vocabulary Mastery |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:35 |
| Last Modified: | 06 Sep 2023 03:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
