IHWAN DIKI SAPUTRA (2023) RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUAS JALAN FLEXIBLE PAVEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (308kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (46kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Meskipun kehadiran peralatan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pekerjaan, kehadiran mesin dan peralatan lain dapat memiliki dampak negatif pada keselamatan pekerja. Banyak kecelakaan kerja terjadi di Indonesia karena kesadaran pengusaha dan karyawan tentang pentingnya penerapan K3 masih rendah. Pada penelitian ini, peneliti mengidentifikasi risiko yang akan terjadi pada proyek tersebut dengan mengumpulkan data dari lapangan melalui wawancara dengan para pekerja dan menggunakan formulir kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai risiko secara keseluruhan untuk proyek tersebut adalah 6,33 dan termasuk dalam kategori "Risiko Sedang". Pada penelitian ini, nilai risiko tertinggi terdapat pada pekerjaan jalan dengan nilai risiko sebesar 9,33 dan termasuk dalam kategori "Risiko Sedang" dan nilai risiko terendah terdapat pada pekerjaan finishing yang memiliki nilai 2 dan termasuk dalam �Risiko Rendah�. Untuk meminimalisir risiko tersebut, perlu dilakukan beberapa upaya seperti menggunakan peralatan pelindung diri secara lengkap, mengikuti prosedur operasi standar, dan memasang rambu-rambu pada setiap pekerjaan. Penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pengusaha dan karyawan di bidang konstruksi tentang pentingnya penerapan K3 dalam melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Heri Zulfiar, Dr. Ir., S.T., M.T. | NIDN0515026701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | K3, Risk Management, Road Construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:15 |
| Last Modified: | 05 Sep 2023 07:15 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
