SITI ROHMATIN NUR IFANA (2023) PENGARUH TINGKAT HAFALAN AL-QURAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNIRES UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ANGKATAN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (529kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (562kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan menghafal Al-Quran berpengaruh pada kecerdasan kognitifseseorang. Para mahasiswa merasakan pengaruhnya dengan adanya program yang diberikan oleh UNIRES melahirkan rasa kesulitan dalam membagi waktu antara menghafal Al-Quran dan mengikuti proses perkuliahan dalam meraih prestasi akademiknya. Keadaanini juga dipengaruhi oleh adanya motivasi belajarnya. Maka, dalam membuktikan hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat hafalan Al-Quran dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa UNIRES UMY angkatan 2021. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat hafalan Al-Quran, motivasibelajar, dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa. Metode pengambilan sampel dengan rumus Slovin pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linier berganda. Pengumpulan data dokumentasi pada penelitian ini adalah rekap pencapaian target tahfidz Al-Quran dan nilai prestasi akademik mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan data pendukung menggunakan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara tingkat hafalan Al-Quran dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa UNIRES UMY angkatan 2021. Dengan adanya penelitian ini, semakin pahamakan dibutuhkannya perbaikan pada system pelaksanaan program, peningkatan kualitas internalisasi keislaman, nilai-nilai Pendidikan berbasis Al-Quran, dan pengembangan motivasi belajar pada mahasiswa.
| Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. and Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0501088601, NIDN0505089001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Recite the Qur'an; learning motivation; and academic achievement |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 05 Sep 2023 06:47 |
| Last Modified: | 05 Sep 2023 06:47 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39408 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
