M. FATWA NURUDIN (2023) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPINGPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TARIKHDI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (434kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (827kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Bab I.pdf
Download (137kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Metode pembelajaran menjadi salah satu kerangka kurikulum yang harus diperhatikan. Pada realitanya banyak tujuan pembelajaran yang tidak tercapai dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Metode Mind Mapping merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang berguna untuk mengembangkan sebuah gagasan melalui rangkaian peta pikiran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Tarikh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasanya implementasi metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Tarikh di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta memberikan dampak positif bagi siswa dan guru. Dilihat dari peningkatan pemahaman, antusias siswa dan efektifitas pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode mind mapping memberikan dampak positif pada pembelajaran Pendidikan Tarikh di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tarik Education course, mind mapping method, effectiveness |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39501 |