IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPINGPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TARIKHDI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

M. FATWA NURUDIN (2023) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPINGPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TARIKHDI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran menjadi salah satu kerangka kurikulum yang harus diperhatikan. Pada realitanya banyak tujuan pembelajaran yang tidak tercapai dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Metode Mind Mapping merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang berguna untuk mengembangkan sebuah gagasan melalui rangkaian peta pikiran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Tarikh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasanya implementasi metode mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Tarikh di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta memberikan dampak positif bagi siswa dan guru. Dilihat dari peningkatan pemahaman, antusias siswa dan efektifitas pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode mind mapping memberikan dampak positif pada pembelajaran Pendidikan Tarikh di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tarik Education course, mind mapping method, effectiveness
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:30
Last Modified: 04 Sep 2023 07:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39501

Actions (login required)

View Item
View Item