FITRIYA ALIYATUNNISA' (2023) REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA DITINJAU DARI TEMPAT TINGGAL (STUDI KOMPARASI SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA DI KELAS X MAN 3 SLEMAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (285kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (106kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Lingkungan merupakan salah satu pengaruh dari regulasi diri dalam belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan regulasi diri dalam belajar pada siswa yang memiliki tempat tinggal yang berbeda, yaitu bertempat tinggal di asrama dengan yang bertempat tinggal bersama dengan orang tua pada siswa kelas X di MAN 3 Sleman. Serta penelitian ini juga untuk menganalisis tentang regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas X di MAN 3 Sleman. Penelitian ini mengunakan metode pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di MAN 3 Sleman. Dengan populasi yang diambil dari siswa kelas X di MAN 3 Sleman, yang berjumlah 250 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sample random sampling, sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa dari 250 siswa. Ternik pengumpulan data mengunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan SPSS for windows, uji yang dilakukan yaitu uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test sampel Independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri dalam belajar pada siswa yang tinggal di asrama dengan siswa yang tinggal bersama orang tua tidak terdapat perbedaan, hal ni berdasarkan hasil uji T-test sampel independent. serta hasil analisis regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas X menunjukan masih kategori rendah. Hal ini berdasarkan hasil uji data kuesioner dan wawancara yang telah dilakukan.
| Dosen Pembimbing: | Anita A'isah, S.Psi., M.Psi and Arif Budi Raharjo, Dr., M.Si., | NIDN0505078702, NIDN0507086701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | self-regulation in learning, influence of place of residence |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 30 Sep 2023 02:48 |
| Last Modified: | 30 Sep 2023 02:48 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
