IAN PUTRI WAHYU ANGGESTI (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI TERHADAP JOB CRAFTING DENGAN DI MEDIASI KEPERCAYAAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Job crafting merupakan salah satu perilaku yang dapat menciptakan nilai untuk menumbuhkan keunggulan kompetitif dalam organisasi. Selain itu juga dapat meningkatkan keterikatan kerja, meningkatkan kepuasan kerja dan mengatasi kelelahan kerja. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap job crafting, diantaranya kepercayaan (trust) dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership). Kepercayaan (trust) memediasi pengaruh kepemimpinan yang melayani (servant leadership) terhadap job crafting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan yang melayani (servant leadership) terhadap job crafting dengan dimediasi oleh kepercayaan (trust).Populasi penelitian ini adalah karyawan Hotel di Pekanbaru. Terdiri dari The Premiere Hotel sebanyak 104 karyawan, Hotel Pangeran sebanyak 116 karyawan, dan Grand Central Hotel Pekanbaru sebanyak 108 karyawan. Sampel yang digunakan sebanyak 150 Responden dipilih menggunakan metode convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang disebarkan adalah sejumlah 195 kuesioner, dan 150 kuesioner kembali dan dapat diolah. Teknik analisis data digunakan Structural Equation Model dan Sobel Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap job crafting. Kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap kepercayaan (trust). Kepercayaan (trust) berpengaruh positif terhadap job crafting. Kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap job crafting dengan dimediasi oleh kepercayaan (trust).
Dosen Pembimbing: | Heru Kurnianto Tjahjono, Prof. Dr., S.E., M.M. and Meika Kurnia Puji Rahayu Dyah Anggraeni, S.E., M.Si., Ph.D. | NIDN0527097101, NIDN0513057601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Servant Leadership, Trust, Job Crafting |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 09:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 09:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |