MUHAMMAD NURHALIM (2023) INTEGRASI MUHASABAH DAN NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (SUBJECTIVE WELLBEING) MAHASISWA-SANTRI. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (793kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
![[thumbnail of Abstrak]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (476kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab V]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (834kB)
![[thumbnail of Naskah Publikasi]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (880kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian mempunyai 3 tujuan utama, yaitu: (1) untuk mengintegrasikan konsep mu??sabah dan Neuro Linguistic Programming; (2); Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode mu??sabah Neuro Linguistic Programming (NLP) dan metode mu??sabah �Ammiyyah terhadap kesejahteraan subjektif mahasiswa-santri; dan (3) Untuk mendeskripsikan perbedaan kesejahteraan subjektif mahasiswa-santri antara yang menggunakan metode mu??sabah Neuro Linguistic Programming (NLP) dan yang menggunakan metode mu??sabah �ammiyyah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 bentuk penelitian yaitu metode studi pustaka dan metode kuasi eksperimen. Studi pustaka dilakukan untuk mengintegrasikan konsep mu??sabah dan Neuro Linguistic Programming sampai divalidasi oleh panel penilai. Sedangkan metode kuasi eksperimen dilaksanakan dengan desain untreated control group design with dependent pretestt and posttest samples (with follow up). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang nyantri atau mondok di pondok pesantren di wilayah kabupaten Banyumas yang tersebar di 6 pondok pesantren dan tersebar di 6 Perguruan Tinggi. Sampel penelitian ini sebanyak 68 mahasiswa santri yang dibagi ke dalam 2 kelas yaitu kelompok mu??sabah NLP dan mu??sabah �ammiyyah.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Integrasi konsep mu??sabah dan Neuro Linguistic Programming dilakukan dengan pendekatan pragmatis dengan 4 langkah bentuk mu??sabah utama yaitu Takhalli NLP, Ta?alli NLP, tajalli NLP dan mu??sabah sebelum tidur; (2) Metode mu??sabah NLP dan metode mu??sabah �Ammiyyah berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan subjektif mahasiswa santri; dan (3) Metode mu??sabah NLP lebih efektif di dalam meningkatkan kesejahteraan subjektif mahasiswa santri dibanding metode mu??sabah �ammiyyah
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | integration, Muhasabah, Neuro Linguistic Programming, Subjective Well-Being |
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 09:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 09:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40054 |