Meirita Rahmi Azizi (2021) THE STUDY OF METACOGNITIVE AWARENESS, ACADEMIC ACHIEVEMENT, AND GENDER DIFFERENCE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (34MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
<p>Kesadaran metakognitif, yang didefinisikan sebagai kesadaran seseorang tentang diri sendiri, telah dikolaborasikan dengan beberapa topik seperti prestasi akademik dan gender. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dan prestasi akademik serta perbedaan kesadaran metakognitif mahasiswa ditinjau dari segi gender di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Penelitian ini mengadopsi dua desain pendekatan kuantitatif, yaitu desain korelasional dan komparatif. Dengan menggunakan teknik total sampling untuk memilih responden, 198 mahasiswa tingkat akhir telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner berjudul Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kesadaran metakognitif dan prestasi belajar dengan sig. (2-tailed) 0,46> 0,05. Mengenai perbedaan gender, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat kesadaran metakognitif antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dengan sig. (2-tailed) 0,32> 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, kesadaran metakognitif siswa tidak berkorelasi dengan prestasi akademiknya dan tidak ada perbedaan tingkat kesadaran metakognitif antar gender.</p>
Dosen Pembimbing: | Arifah Mardiningrum, S.Pd., M.A. | NIDN0514048003 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:30 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |