SHAFFIERA IZZATUL UMMAM (2023) PEMAPARAN DESKRIPSI BUKU BAHASA ARAB KARYA YAYAN SOFIANA LINGKUP PENYAJIAN MATERI UNTUK SISWA DI SDIT KHAIRUL SHIDIQ GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (933kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (547kB)
Bab I.pdf
Download (424kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (612kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (610kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek penyajian dari buku bahasa Arab untuk kelas 1 sekolah dasar terbitan Pustaka Sofwa karya Yayan Sopiana. Dalam hal ini perlu adanya sebuah pemaparan deskripsi yang menjelaskan kualitas buku pelajaran di pelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah penelitian pustaka atau library research. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari aspek tinjau dari kelayakan penyajian. Buku pelajaran harus memiliki tiga indikator kelayakan penyajian diantaranya: teknik penyajian, penyajian pembelajaran, dan kelengkapannya. Jika aspek ini bisa terpenuhi dengan sempurna maka bisa mendukung pembelajaran dengan buku yang efektif dan tepat untuk dipelajari.Masalah penyajian yang lain masih ada yang menjadikan sebuah alasan mengapa peneliti ingin memaparkan deskripsi buku bahasa Arab kelas 1 sekolah dasar karya Yayan Sopiana. Maka peneliti menganjurkan agar bisa melengkapi berdasarkan indikator kelayakan penyajian. Agar terwujudnya buku yang bisa mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Buku bahasa Arab ini mendapatkan nilai 60persen dari aspek kelayakan penyajian materi. Peneliti mendapati susunan materi yang terdapat buku ini adanya ketidak runtutan dari tingkat mudah ke tingkat sulit nya materi. Peneliti juga mendapati tata letak peritah latihan yang tidak tepat dalam penyajian sehingga bisa membuat bingung pengguna buku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Books, Language Arabic, Textbooks, School |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:30 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40140 |