ELYSA AGUSTINA (2023) EXPLORING THE CAUSES OF SPEAKING ANXIETY DURING GROUP DISCUSSION AT ONE OF THE ENGLISH COURSES IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (446kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (124kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
Abstract
Siswa yang aktif terlibat dalam wacana kolaboratif seperti diskusi kelompok diperbolehkan untuk mengekspresikan ide dan perspektif mereka. Namun, adalah umum bagi siswa untuk menghadapi perasaan cemas sebelum berpartisipasi karena tingkat kecemasan mereka dapat meningkat ketika mereka mengalami kecemasan mengenai kemampuan mereka untuk terlibat dalam diskusi kelompok. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mendasari pengalaman kecemasan berbicara siswa dalam diskusi kelompok, serta strategi yang digunakan oleh mereka untuk mengurangi kecemasan mereka. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) di salah satu universitas swasta Islam di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui sesi wawancara dengan total enam partisipan. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa terus menghadapi tantangan yang signifikan dalam mengelola tingkat kecemasan mereka selama kegiatan berbicara dalam diskusi kelompok. Enam kekhawatiran yang terkait dengan kecemasan berbicara mereka teridentifikasi di antara para peserta, yaitu takut dikritik, takut konflik emosional, takut membuat kesalahan, takut menghadapi pengalaman yang tidak menyenangkan, takut lupa isi, dan masalah bahasa. Juga, penelitian ini menemukan strategi untuk mengelola kecemasan berbicara secara efektif dalam diskusi kelompok. Strategi mereka termasuk terlibat dalam persiapan menyeluruh, menggunakan teknik relaksasi, menumbuhkan pemikiran positif, dan terlibat dalam sesi latihan bersama.
| Dosen Pembimbing: | Gendroyono, N/A, S.Pd., M.Pd. | NIDN0525017501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Group Discussion, Speaking Anxiety, Causes, Strategies |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 21 Sep 2023 03:38 |
| Last Modified: | 21 Sep 2023 03:38 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
