KADIR (2023) MOTIVASI BELAJAR SANTRI KALONG PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi belajar, faktor pendukung maupun penghambat motivasi belajar santri kalong pada pelajaran bahasa arab. Penelitian ini menggunakan metode studi kasis dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MTs Daarul Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. Adapun Subyek penelitian ini adalah siswa yang mencapai nilai kreteria ketuntasan minimal yang diambil dengan teknik snowball. Pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisa data dengan tringulasi yaitu membandingkan antara wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi yang kuat. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ada dua, pertama faktor intrinsik yakni adanya kesadaran siswa akan pentingnya belajar, keinginan siswa untuk bisa memahami bahasa arab, sungguh-sungguh dan gigih dalam belajar. Kedua, faktor ekstrinsik yakni adanya keinginan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi , meniru perilaku para tokoh agama galur dan masyaratakat yang sukses serta fasilitas belajar yang memadai. Adapun faktor pendukung motivasi belajar santri adanya pendampingan dan dukungan penuh dari orang tua, cara mengajar nyaman dan menyenangkan, serta adanya dukungan finansial yang memadai sesuai dengan kemampuan orang tua masing-masing. Sedangkan faktor penghambat motivasi belajar santri kalong yaitu adanya temen mengganggu saat belajar dan kurangnya fasilitas belajar mengajar.
Dosen Pembimbing: | Azam Syukur Rahmatullah, Dr., S.H.I., M.S.I., M.A.,M.Psi.,C.PNLP and Muhammad Nurul Yamin, Dr., Drs., M.Si | NIDN2112038102, NIDN0527096201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Learning Motivation, Education, Arabic, Santri Kalong |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 06:59 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 06:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |