TRAVALIA NATASYA DEWI (2023) PRE-SERVICE TEACHERS' ANXIETY IN TEACHING PRACTICE DURING INTERNSHIP PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (421kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (281kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Praktik mengajar diimplementasikan di lembaga pendidikan pengajaran untuk mempersiapkan calon guru menjadi guru profesional. Dalam kegiatan praktik mengajar, calon guru mengalami kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memicu kecemasan calon guru dan strategi yang digunakan untuk mengelola kecemasan dalam praktik mengajar selama program magang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa dari angkatan 2019. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan faktor yang memicu kecemasan calon guru dalam praktik mengajar selama program magang, yaitu kurangnya pengalaman mengajar, kurangnya persiapan, kurang percaya diri, ketidakbiasaan dengan lingkungan, perilaku siswa yang kurang baik, masalah keterampilan berbahasa, masalah teknis, dan masalah terkait dengan guru pamong. Sementara itu, ada enam strategi yang digunakan oleh calon guru untuk mengelola kecemasan, yaitu perencanaan, berpikir positif, tetap tenang, mengabaikan sumber kecemasan, membangun hubungan yang baik, dan menggunakan alih kode. Lembaga pelatihan guru direkomendasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah yang kemungkinan muncul selama praktik mengajar dan membantu mempersiapkan calon guru dengan strategi untuk menanganinya.
| Dosen Pembimbing: | Maryam Sorohiti, S.S., M.H.Sc. | NIDN0508056501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | pre-service teachers, anxiety, teaching practice, teaching anxiety |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 08 Nov 2023 06:13 |
| Last Modified: | 08 Nov 2023 06:13 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
