WULAN RACHMAWATI (2023) THE USE OF TIKTOK AS A LEARNING MEDIUM AMONG NON-NATIVE SPEAKERS OF ENGLISH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (556kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini, banyak orang menggunakan media sosial untuk berbagai keperluan termasuk sebagai alat pemerolehan bahasa. Salah satunya adalah TikTok yang memiliki banyak pengguna dan beragam konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keuntungan menggunakan TikTok sebagai media pembelajaran di kalangan penutur asing bahasa Inggris dan untuk menyelidiki strategi yang digunakan oleh siswa menggunakan TikTok untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Penelitian ini mengadopsi desain kualitatif untuk mengeksplorasi persepsi partisipan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Jurusan Agroteknologi, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, khususnya angkatan 2018 di dua universitas swasta di Yogyakarta, yang menggunakan TikTok untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Peneliti menemukan bahwa ada tiga keuntungan menggunakan TikTok yaitu meningkatkan keterampilan makro dan mikro bahasa Inggris siswa, menumbuhkan minat siswa, dan memberi siswa kesempatan untuk mempelajari berbagai konten bahasa Inggris. Selain itu, ada tiga strategi yang digunakan siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saat menggunakan TikTok yaitu menonton konten berbasis bahasa Inggris, menonton ulang konten untuk meningkatkan kosa kata, dan memaksimalkan fitur duet dan hashtag.
Dosen Pembimbing: | Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | social media, TikTok, the advantages, the strategies |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 07:16 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 07:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |