FARHAN ALI (2023) DESAIN BUKU SAKU (ARAB-INDONESIA) BERDASARKAN KEBUTUHAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KANDIS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (341kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku Bahasa Arab-Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) yang dilaksanakan pada kelas 12 di sma swasta lkmd kandis, yang mana metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan rancangan produk baru, menguji keefektifan produk yang telah ada sebelumnya, serta mengembangkan dan menciptakan produk baru. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yaitu define, design, development, dan disseminate yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Buku saku ini divalidasi oleh ahli bahasa dan ahli pendidikan, serta guru bahasa arab, dan dilakukan juga pengambilan uji responsi pada siswa kelas 12 menggunakan angket responsi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Sekolah menengah atas Swasta LKMD Kandis dan Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 26 orang.Hasil penelitian: proses pembelajaran bahasa arab di sma swasta lkmd masih klasik, yang mana pembelajaran dikelas hanya menggunakan buku teks saja tanpa menggunakan buku pendamping, dan metode yang digunakan didalam kelas juga menggunakan metode ceramah, 1) penelitian telah menghasilkan buku saku Bahasa Arab-Indonesia; 2) validasi dari ahli bahasa pada media buku saku Arab-Indonesia ini memperoleh rata-rata 88,404 persen dan termasuk dalam kategori layak dan direvisi seperlunya. Validasi dari ahli pendidikan pada media buku saku Arab-Indonesia ini memperoleh rata-rata 91% termasuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu revisi. Dari hasil uji responsi siswa menunjukkan hasil jumlah rata-rata keseluruhan adalah 85,5%, dan dapat disimpulkan bahwa buku saku tersebut termasuk dalam kategori layak dan direvisi seperlunya.
| Dosen Pembimbing: | Erma Febriani, S.Pd., M.Ed. | NIDN0510028901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Arabic-Indonesian pocket book, Student needs |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 07 Nov 2023 07:11 |
| Last Modified: | 07 Nov 2023 07:11 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
